Beberapa waktu yang lalu kami mendapat undangan untuk menghadiri seminar kesehatan gigi dari klinik gigi Opal Dental Yogyakarta. Topik yang dibahas adalah mengenai tips pasang behel bagi orang awam. Opal Dental merupakan salah satu klinik gigi terbaik yang ada di Jogja sehingga tidak perlu diragukan lagi pengetahuannya soal behel gigi dan lainnya.

Seiring perkembangan zaman, kini perkembangan pasang behel juga sudah semakin banyak. Salah satunya pasang behel Jogja yang kini sudah menyediakan pelayanan untuk mengatasi masalah gigi. Kita sadari juga ketika memiliki gigi yang posisinya tidak rata maka hal ini bisa menurunkan rasa percaya diri. Anda akan merasa kurang percaya diri ketika berkumpul dengan orang lain. 

Saat ini sudah banyak metode yang dikembangkan untuk mengatasi kondisi gigi yang tidak teratur. Tentunya semua itu demi senyuman anda kembali dan lebih percaya diri. Metode yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia saat ini yaitu menggunakan teknik orthodontik atau behel gigi. 

Mengenal jenis-jenis kawat gigi

Teknik orthodontik atau kawat gigi ini berarti meluruskan gigi. Jadi tujuan utama dari metode ini yaitu meluruskan dan merapikan gigi yang tidak teratur atau berantakan. Nah, agar anda bisa memilih kawat yang tepat untuk mengatasi masalah gigi maka silahkan simak penjelasannya berikut ini : 

  1. Behel cekat atau kawat gigi

Salah satu jenis kawat yang banyak disarankan oleh dokter adalah behel cekat. Behel gigi ini termasuk jenis konvensional. Jadi terdapat serangkaian kawat yang dihubungkan bracket untuk menekan permukaan gigi. Jadi kasus ringan sampai yang berat bisa ditangani menggunakan behel cekat. Bahan bracket yang melekat di gigi ini biasanya berupa karet yang kini sudah banyak sekali bentuk variasinya. 

  1. Kawat gigi lidah

Jenis kawat gigi ini memiliki kelebihan yaitu tidak akan terlihat dari luar. Jenis kawat ini biasanya digunakan untuk anda yang tidak mau kelihatan sedang proses merapikan gigi. Namun tidak setiap ahli orthodontis menyediakan jenis kawat ini. Hanya beberapa saja yang menyediakan dan memiliki keahlian khusus. Sehingga jenis kawat gigi ini memiliki harga yang lebih mahal.

  1. Kawat gigi system damon

Sistem damon merupakan salah satu sistem modern dalam mengatasi merapikan susunan gigi. Sistem ini bekerja dengan memaksa rahan anda untuk bergerak untuk menyesuaikan gigi yang ideal. Seperti dengan jenis kawat gigi cekat yang mengikat gigi namun bebas dan lebih efektif dalam merapikan gigi lebih rapi. 

Demikianlah penjelasan mengenai tips memilih jenis kawat yang sesuai dengan masalah gigi anda. Jadi sekarang anda bisa memilih sesuai dengan masalah gigi yang dialami. Semoga dengan adanya penjelasan pasang behel Jogja maka anda akan lebih paham dalam memilih jenis kawat gigi yang tepat.